» » Pindah Alamat Domain Dari jassmerah.org ke jassmerah.com


Para pembaca yang budiman, sudah dua tahun terhitung tahun 2015, website Jass Merah berdiri. Membagikan kumpulan tulisan tentang sejarah khususnya di Indonesia. Sesuai dengan semangat dari istilah Jass Merah, yakni Jangan Sekali - Sekali Melupakan Sejarah. Niatan kami semata - mata menjadi portal online yang memberi warna dalam dunia website yang berjenis sejarah.

Namun keinginan tersebut tidaklah mudah untuk dijalankan, dengan dana minim Jass Merah sekuat tenaga mempertahankan keberlangsungan website Jass Merah dengan alamat domain jassmerah.org, di tahun pertama karena admin mengundurkan diri dari pekerjaan karena alasan keluarga. Admin berhasil memperpanjang domain jassmerah.org dengan bantuan pinjaman dari beberapa kawan. Memang tidak mahal, hanya Rp 150.000 dalam satu tahun, tapi pada masa sulit. Nilai Rp. 150.000 sangatlah besar.

Situasi tahun berikutnya semakin berat, peringatan kadaluarsa domain jassmerah.org sudah tiga kali Admin terima, tetap saja Rp. 150.000 angka yang hampir mustahil masuk pengalokasian anggaran rumah tangga Admin. Domain jassmerah.org pun lepas setelah masa kadaluwarsa, meski Admin akhirnya mampu membayar domain tersebut tapi karena sudah lewat masa pembayaran domain jassmerah.org masuk kedalam masa 'kosong' bagi domain - domain yang tidak diperpanjang.

Menurut informasi, waktu 'jeda' domain sebelum bisa dibeli kembali sekitar 65 hari. Pihak penyedia domain sebenarnya sudah menyarankan mengganti domain ke jassmerah.com pada 30 hari pertama. Hanya saja, karena sudah jatuh cinta pada domain jassmerah.org Admin setia menunggu dua bulan lamanya. Berharap domain jassmerah.org bisa dibeli kembali. Tapi nyatanya tidak bisa.

Sebuah jasa penyedia domain luar negeri mengambil alih domain jassmerah.org untuk dijual kembali. Harganya dinaikkan sampai pada harga yang tidak bisa Admin bayangkan untuk membelinya kembali.

Tapi sudahlah, tidak mau larut pada suasana duka kehilangan. Admin bersedia menggunakan domain jassmerah.com. Konsekuensinya memang banyak, selain perubahan beberapa struktur kode di HTML. Beberapa sosial media resmi Jass Merah juga mengalami penyesuaian. Bagi para pengikut setia Jass Merah di media sosial seperti Facebook mungkin ini alasan dalam beberapa bulan terakhir website tidak bisa diakses dan nama Fanspage yang sebelumnya JassMerah.org berubah menjadi JassMerah.com.

Perubahan domain yang meski sepele ini kelak akan dianggap titik balik penting Jass Merah untuk tetap kuat dan bertahan dalam menjalankan semangat yang sebagaimana sudah dijelaskan pada awal - awal tulisan.

Terima kasih perhatiannya dan tetap Jangan Sekali - Sekali Meninggalkan Sejarah.

Admin
10 Agustus 2017

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply